Semangat yang Tak Pernah Mati

AP – Terkadang mengeluh sudah menjadi menu makanan yang terus mendera diri manusia. Mengeluh menandakan bahwa manusia itu dilingkari dalam ruang lingkup yang lemah, tak berdaya. Namun, mengeluh akan mengakibatkan efek yang sangat besar dalam diri manusia. Mengeluh hanya menguras energy, daya saing menjadi berkurang dan hal tersebut berdampak pada keberlangsungan hidup kita.

Hal ini sering kali kita temukan dalam hidup bermasyarakat, bahkan diri kita sendiri sering mengalami hal demikian. Yang menjadi masalahnya ialah apakah dengan mengeluh membuat sesuatu yang sedang kita keluhkan berjalan normal. Saya rasa (mungkin anda juga demikian) bahwa hal demikian tidak menyelesaikan masalah, justru memperkeruhnya. Karena untuk menyelesaikan suatu masalah harus dengan tindakan nyata, apapun bentuk masalahnya.

Namun, apakah kita tahu bahwa keberhasilan seseorang itu bergantung pada kemampuannya? Saya rasa tidak, namun sesuatu itu dicapai karena “semangat/spirit yang tak kenal lelah, semangat yang berapi-api yang dimiliki. Mampu atau tidaknya seseorang bukan sebuah tolak ukur terhalangnya mencapai sesuatu. Semangat juanglah yang mengantarkan suatu keberhasilan. Kita dapat berkaca dari mereka yang sudah terdahulu sukses dalam kehidupannya. Jika dilihat dari kemampuan banyak dari mereka yang dalam kutip kemampuannya di bawah rata-rata. Namun, mereka mampu melakukan/berbuat yang di luarbiasa, yang bahkan tak biasa dilakukan oleh mereka yang berkemampuan tinggi.

Jadi, sukses atau tidaknya seseorang tolak ukurnya bukan pada kemampuan yang dimiliki. Namun, semangat jua lah yang terpatri kuat di dalam jiwanya. Semangat tinggi akan mengantarkan kita pada suatu kesuksesan, namun sebaliknya pula mengantarkan kita pada kehancuran, keterpurukkan, kebinasaan dan lain sebagainya.

About Ahman

Suka humor tapi gak humoris
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s