Menyambut 1 Muharram 1437 H dengan Jiwa Persatuan yang Kuat

AP – Selamat tahun baru 1 Muharram 1437, semoga persatuan dan kesatuan umat semakin kuat dan kokoh. Dan juga semoga yang selalu sensitif terhadap perbedaan (read: khilafah) semakin pudar pula. Pudar yang saya maksud di sini ialah semakin toleransi, menerima perbedaan pendapat, hidup dalam keberagaman baik antar sesama umat mau pun diluar umat (nonmuslim). Hidup berdamping terhadap berbagai komunitas yang berbeda agama, aliran, ras, suku dan lain-lain.

Dengan memiliki jiwa keterbukaan seperti ini, maka ruang untuk perselisihan, permusuhan dan berbagai tindakan yang lain secara otomatis terhapuskan/tereliminasi dari dalam diri manusia itu sendiri. Namun, jika yang terus menerus dikobarkan ialah perbedaan-perbedaan, maka yang muncul ialah kebencian, permusuhan, bahkan bunuh membunuh terhadap orang lain di luar kelompoknya.

Mengklaim kebenaran (truth claim) hanya ada dipihaknya/golongan saja merupakan suatu kesalahan besar dan menimbulkan pertanyaan besar bahwa apa yang menjadi landasan untuk mengklaim kebenaran dipihak anda?

Dengan adanya tahun baru ini, semoga kita terus menyebarluaskan jaringan-jaringan pemersatu umat dan yang lainnya untuk menuju cahaya-Nya yang terang benderang. Kegelapan pada hakikatnya ialah munculnya keegoisan dalam diri manusia untuk menolak dan tidak menerima perbedaan. Padahal kita hidup dalam perbedaan, alam semesta dan seluruh ciptaan-Nya mendeskripsikan perbedaan itu sendiri. Dengan membaca alam sekitar dengan baik dan benar, maka pupuslah jiwa-jiwa yang penuh dengan perselisihan itu.

Lemahnya persatuan dan kesatuan umat, menyebabkan fondasi permusuhan dan pertikaian semakin tak terhindarkan. Bukan waktunya lagi mengumbar perbedaan dan menjatuhkan pihak lain yang pada hakikatnya menghabiskan waktu, tenaga dengan sia-sia saja. Mari kita berpikir terbuka dalam berbagi dimensi kehidupan, terbuka untuk kepentingan umat bukan kepentingan pihak tertentu.

Untuk itu, persatuan dan kesatuan umat ada di tangan para pemuda zaman sekarang. Pemuda yang bersifat terbuka, transparan serta memajukan umat. Semoga langkah kita ke depannya lebih baik dari sekarang, serta persatuan dan kesatuan umat semakin kuat. Amiiin

About Ahman

Suka humor tapi gak humoris
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s