Pahami Pancasila, Tanamkan Isinya

AP – Publik diguncangkan dengan peristiwa yang baru-baru terjadi di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil. Peristiwa ini menampar seluruh umat manusia di Indonesia, tak terkecuali. Karena peristiwa seperti ini memupuskan nilai Pancasila yang tertanam kokoh di bumi pertiwi ini. Nilai dan makna yang terkandung dalam tubuh Pancasila harus benar-benar tumbuh dalam diri kita, sehingga tidak mudah melakukan anarkis terhadap orang lain.

Pancasila dibentuk tidak teruntuk suatu golongan, tapi ia menembus segala jajaran elemen. Dengan pembakaran tempat ibadah di desa tersebut, menambah rentetan peristiwa yang terjadi di Indonesia. Tindakan ekstrem seperti ini tidak di ajarkan oleh agama mana pun. Akan tetapi, kurangnya pemahaman agama dalam diri manusia membuat ia mati rasa terhadap toleransi, lebih kepada intoleransi. Agama mengajarkan segala kebaikan dan melarang segala bentuk kejahatan baik yang merugikan diri sendiri mau pun orang lain.

Peristiwa ini tidak berbaur konflik agama, masyarakat harus cerdas dalam menyelami serta memahami peristiwa seperti ini. Sehingga dengan begitu masyakarakat tidak terprovokasi untuk bertindak sendiri serta melakukan perlawanan fisik. Karena di negara kita masih ada pihak yang pengamanan, apalagi kepala negara, Presiden. Untuk itu, dibutuhkannya tindakan keras dari para pemimpin negara untuk menindas keras mereka yang berbuat anarkis-anarkis semacam ini.

About Ahman

Suka humor tapi gak humoris
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s